Musrenbang Forum CSR, Ini Harapan Penjabat Bupati Bengkalis

Musrenbang Forum CSR, Ini Harapan Penjabat Bupati Bengkalis Teks foto:
BENGKALIS -Rapat koordinasi dan Musrenbang forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TJSP) atau CSR berlangsung di Kota Duri, Bengkalis diharapkan mampu menjadi embrio gerakan pembangunan bersama antara Pemerintah, Perusahaan dan kelompok masyarakat.

Oleh karena itu, sejumlah pesan dan harapan dipaparkan Penjabat Bupati Bengkalis Syahrial Abdi saat membuka resmi Musrenbang Forum CSR, Senin (14/12/2020).

Pertama, rapat koordinasi hari ini harus menjadi media perekat sekaligus embrio gerakan pembangunan bersama antara pemerintah, perusahaan dan kelompok masyarakat lainnya. Masyarakat memiliki harapan besar agar keberadaan perusahaan memberikan implikasi positif bagi kehidupan sosial dan lingkungan, masyarakat merindukan adanya simbiosis antara bisnis dengan keberlangsungan hidup mereka. Karena konflik bukanlah sebuah pilihan.

Kedua, keberadaan forum CSR harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat, forum CSR bukan sekadar ngumpul, rapat dan diskusi-diskusi semata.

"Tapi ia harus menjadi media perumusan aksi nyata melalui program-program yang benar-benar dibutuhkan sekaligus menjawab persoalan sosial kemasyarakatan, " ungkapnya.

Ketiga, kepada pimpinan dan manajemen perusahaan diharapkan dapat berperan maksimal melalui dana CSR-nya dalam mendukung program-program daerah. menurut pemikiran kami ada beberapa sektor perlu mendapat perhatian serius melalui program CSR, yakni; sosial dan keagamaan, pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, ekonomi dan pemberdayaan UMKM, kesehatan terutama dalam upaya intervensi dan penanganan stunting, kebudayaan dan seni, lingkungan serta kesiapsiagaan bencana. sektor-sektor ini kami kira perlu menjadi bahan diskusi dalam rapat hari ini.

Keempat, secara kelembagaan forum CSR perlu menyiapkan rencana strategis sebagai flatform sekaligus arahan kegiatan agar setiap pihak baik perusahaan maupun pemangku kepentingan lainnya dapat bergerak secara tepat sesuai perannya masing-masing dan dana CSR yang dilaksanakan juga tepat sasaran sesuai peruntukan dan kebutuhan.

"Kelima, pembinaan secara kelembagaan diharapkan juga dari pemerintah Provinsi Riau karena memang seluruh perusahan yang beroperasi di kabupaten bengkalis juga merupakan bagian dari forum csr provinsi riau, "imbuhnya.

Baca Juga


Tulis Komentar