Tekan Tagihan Listrik Setiap Bulannya dengan Cara ini

Tekan Tagihan Listrik Setiap Bulannya dengan Cara ini Teks foto:

Kenapa sekarang banyak sekali jual genset di pasaran, tidak lain karena penggunaan genset semakin marak di tengah masyarakat. Adanya pemadaman listrik yang tiba-tiba dan memakan waktu yang lama, membuat masyarakat harus mencari alternative sumber listrik lain agar kebutuhan listriknya terpenuhi. Biasanya, masyarakat memilih menggunakan genset mini.

Penggunaan genset juga sebetulnya bisa menjadi upaya penghematan penggunaan listrik dari PLN agar tidak membuat biaya tagihan listrik membengkak, terutama saat kita membutuhkan listrik dalam daya besar seperti saat ada acara hajatan yang selama 24 jam listrik harus tetap ada dan digunakan. Sedangkan untuk kegiatan harian, tanpa perlu mengganti listrik PLN dengan generator atau genset, kita bisa menghemat tagihan listrik dengan hal-hal lain yang lebih bijak.

Tips Gunakan Listrik dengan Bijak

Gunakan listrik dengan bijak dengan menggunakan hanya saat membutuhkannya, apabila tidak digunakan, maka matikan saklar atau cabut peralatan dari colokal atau stopkontaknya. Sehingga, aliran listrik tidak terbuang begitu saja. Misalnya, TV saat tidak ditonton matikan, charger apabila sudah penuh segera cabut, buat jadwal mencuci dan menyetrika agar tidak setiap hari mencuci menggunakan mesin cuci atauu setiap akan pakai baju harus menyetrika terlebih dahulu.

Menggunakan listrik dengan pulsa atau token juga bisa menghemat biaya listrik. Karena, kita bisa membuat perencanaa pengeluaran biaya, budgeting penggunaan listrik sesuai kebutuhan. System modern ini membuat pengeluaran rumah tangga per bulan dalam membayar tagihan listrik jadi lebih pasti.

Jika pagi sudah menjelang, sebaiknya matikan lampu-lampu di rumah yang masih menyala. Gunakan cahaya alami, sinar matahari yang masuk melalui jendela. Selain sehat, kita juga jadi tidak tergantung pada pencahayaan dari sumber listrik tersebut. Begitu juga jika malam menjelang, ketika hendak tidur, sebaiknya hanya nyalakan lampu utama saja, tidak semuanya. Misalnya, hanya menyalakan lampu-lampu di luar rumah sedangkan di dalam rumah hanya satu lampu saja yang dinyalakan, lampu dari ruangan yang pencahayaannya bisa member penerangan ke ruangan lainnya. Misalnya lampu ruangan keluarga yang bersebelahan atau berseberangan dengan ruang tamu dan dapur atau ruang makan, jadi lampu ruang tamu dan dapur atau ruang makannya bisa dimatikan.

Terakhir, bagi yang menggunakan AC sebaiknya gunakan seperlunya saja. Tidak dinyalakan full seharian, apalagi saat pagi lebih baik gunakan udara alami dari luar yang masuk melalui ventilasi dan jendela.

Semoga bermanfaat!
 


Baca Juga


Tulis Komentar