Bengkalis Kecamatan Pertama Gelar Musrenbang

Bengkalis Kecamatan Pertama Gelar Musrenbang Teks foto: Musrenbang Kecamatan Bengkalis
BENGKALIS -Kecamatan Bengkalis menjadi Kecamatan Pertama menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPD 2021, Senin (3/2/2020).

Berlangsung di ruang serbaguna kantor Camat Bengkalis, Musrenbang di buka secara resmi oleh Sekretaris Daerah, H. Bustami HY.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah mengatakan, Musrenbang rangka penyusunan RKPD Kabupaten Bengkalis tahun 2021 merupakan salah satu forum bagi seluruh pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati program atau kegiatan yang berasal dari usulan Desa/Kelurahan yang nantinya akan dipaduserasi dalam prioritas pembangunan Kabupaten Bengkalis tahun 2021.

"Untuk itu, perumusan dan penetapan program prioritas usulan Desa/Kelurahan harus benar-benar mencerminkan kebutuhan yang mampu menjawab permasalahan masyarakat saat ini,"kata H Bustami.

Karena saat ini, telah diberlakukannya proses perencanaan berbasis elektronik (e-Planning). Semua data usulan dari Desa/Kelurahan diinput ke e-Planning dan kemudian akan dibahas pada Musrenbang yang sedang dilaksanakan sebagai bentuk mendukung pelaksanaan perencanaan yang efektif, efesien, transparan dan berkualitas Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

“Untuk itu, kepada aparat Desa agar menyusun APBD-Des berbasis kepentingan rakyat karena nantinya kita akan melaksanakan pemantapan program kegiatan 2016-2021,”pesan H Bustami.

Kemudian lanjut H Bustami sebagaimana kita ketahui bahwa Kecamatan Bengkalis dan Bantan pada RPJMD Kabupaten Bengkalis tahun 2016-2021 telah ditetapkan sebagai gerbang utama, pusat pemerintahan, pendidikan terpadu dan pengembangan budaya melayu serumpun.

"Hal ini dibuktikan dengan telah berdirinya beberapa perguruan tinggi dan swasta serta pengembangan pendidikan keagamaan. Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan pentas seni dan budaya melayu yang terus dilestari dan pertahankan agar generasi kita tidak lupa dengan akar budayanya sendiri,"pungkasnya.

Tampak hadir pada Musrembang, Anggota Dprd Bengkalis dapil Bengkalis Bantan H Arianto, Rudi Handoko, Askori, Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis diwakili Kabid PPE Firdaus, Ketua Forum Anak Kabupaten Bengkalis Wasiah, Kepala Diskominfotik Kabupaten Bengkalis diwakili Kabid PBE Moh. El Khusairi, Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Bengkalis Imam Hakim, Dpmd Kabupaten Bengkalis diwakili Kabid Pemdes Rinaldi Eka Putra.

Kemudian, Musrenbang Kecamatan di ikuti puluhan Kepala Desa dan BPD. Pemerintahan Desa satu persatu menyampaikan kegiatan skala prioritas.

Baca Juga


Tulis Komentar