Sekda Himbau Masyarakat Bengkalis Jaga Lahan dari Karhutla

Sekda Himbau Masyarakat Bengkalis Jaga Lahan dari Karhutla Teks foto: Sekretaris Daerah Bustami HY meninjau Karhutla di Pulau Bengkalis
BENGKALIS -Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Bustami HY mendatangi dua lokasi karhutla di Pulau Bengkalis, Senin (12/8/2019).

Lokasi yang disambangi Bustami pertama Karhutla di Desa Pasiran dan selanjutnya di Desa Bantan Tua Kecamatan Bantan, Bengkalis.

Didampingi Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, Kasdim Dedyk Wahyu Widodo dan Kalaksa BPBD, Bustami langsung turun sampai ketitik api dan ikut melakukan proses pemadaman.

Sekretaris merasakan bagaimana lelahnya petugas setiap hari berjibaku memadamkan karhutla.

"Mudah-mudahan musim panas ini segera berakhir. Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi bersama-sama melakukan pemadaman, " ucap Bustami.

Sekretaris Daerah mengajak masyarakat Kabupaten Bengkalis tidak membuka lahan dengan cara membakar. Selain itu, ia mengimbau, agar masyarakat yang memilik lahan tidak membiarkan lahannya terbakar.

"Kita himbau kepada pemilik lahan jangan dibiarkan lahannya terbakar. Kalau tidak mengaku itu lahannya (lahan yang terbakar) berarti milik pemerintah, " singgungnya.

Menurut Bustami, Pemkab Bengkalis hingga kini belum menaikan status darurat karhutla dengan kondisi saat ini. Alasannya karhutla di Bengkalis masih bisa ditangani dengan bersinergi antara semua pihak.

"Inikan kalau kita lihat dari sisi kejadian, luasan, tim yang ada sekarang masih bisa mengatasi. Kalau tidak bisa ditangani baru kita naikan ke kondisi darurat, " pungkasnya.

Dua lokasi karhutla yang didatangi Sekretaris Bustami tidak terlihat api berkobar melalap semak belukar di lahan gambut itu. Petugas terlihat terus melakukan pendinginan sisa kebakaran yang masih terus mengeluarkan asap.

Baca Juga


Tulis Komentar