Gini Ratio Bengkalis Lebih Baik dari Nasional

Gini Ratio Bengkalis Lebih Baik dari Nasional Teks foto: Sekda H Bustami menyalami Ketua DPRD Abdul Kadir usai menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi.

BENGKALIS–DPRD Bengkalis menggelar rapat paripurna agenda mendengar jawaban Bupati Bengkalis atas pandang umum fraksi-fraksi DPRD Bengkalis atas nota keuangan dan Ranperda Perubahan APBD 2019, Kamis (22/8/2019).

Rapat paripurna dihadiri 23 anggota dewan dan dipimpin Ketua DPRD H Abdul Kadir. Membacakan jabawan tertulis Bupati Amril Mukminin, Sekda H Bustami HY secara berurut memberikan tanggapan atas pandangan umum setiap fraksi.

Ketika menanggapi pandangan Fraksi Amanat Nasional yang disampaikan Syaiful Ardi, Sekda Bustami mengatakan Pemkab sepakat agar penggunaan anggaran yang ada demi mendekatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Pemikiran tersebut sejalan dengan usaha yang selama ini telah kami lakukan. Indikasi keberhasilannya bisa kita lihat dengan kecenderungan menurunnya tingkat kemiskinan setiap tahun dan indeks gini ratio yang semakin baik,” jelasnya,

Bahkan, sambung Sekda H Bustami, capaian indeks gini ratio Kabupaten Bengkalis pada tahun 2018 sebesar 0,263, lebih baik Provinsi Riau, bahkan nasional yang masing-masing hanya 0,33 dan 0,389.

Sedangkan terkait usulan Fraksi PAN agar lebih seksama dalam membuat proyek pendapatan daerah pada masa datang karena adanya tidak pastian (uncertainty) dalam penyalurannya, kata Sekda H Bustami, Pemkab bengkalis akan menjadikan pemikiran bernas itu sebagai cacatan penting.

“Hal itu akan kita jadikan catatan penting untuk membuat proyeksi pendapatan daerah yang akan datang,” katanya.

Terakhir, Sekda H Bustami mengatakan sepakat dengan Fraksi PAN agar tidak terjadi penurunan tipe atau kelas RSUD Bengkalis. “Sampai saat ini kelas RSUD Bengkalis masih dalam proses penilaian. Sampai saat ini masih berusaha untuk memenuhi indikator-indikator sebagaimana yang dipersyaratkanKementerian kesehatan, sehingga tidak terjadi penurunan kelas,” ujar.

Terkait pandangan Fraksi Golkar agar segera merealisasikan kegiatan fisik yang telah dianggarkan di APBD Murni, menurut Sekda saat ini proses untuk pelaksanaan kegiatan fisik terus digesa sehingga diharapkan penyelesaiannya sesuai dengan target yang telah ditentukan.***


Baca Juga


Tulis Komentar