Bappeda Taja Implementasi Aplikasi e-Monev Penyusunan Evaluasi Renja dan Renstra Perangkat Daerah

Bappeda Taja Implementasi Aplikasi e-Monev Penyusunan Evaluasi Renja dan Renstra Perangkat Daerah Teks foto: Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis diwakili Kabid PPE Firdaus membuka kegiatan implementasi aplikasi monitoring dan evaluasi penyusunan evaluasi Renja dan Renstra perangkat daerah di Pekanbaru, Jumat (19/2/2021).

BENGKALIS-Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis menggelar kegiatan implementasi aplikasi monitoring dan evaluasi (e-Monev) penyusunan evaluasi Renja dan Renstra perangkat daerah.

Kegiatan dibuka Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis diwakili Kabid Perencanaan Pembangunan dan Evaluasi (PPE) Firdaus di Pekanbaru, Jumat (19/2/2021). Dipaparkan Kabid PPE, Bappeda Kabupaten Bengkalis sejak tahun 2019 mulai menerapkan aplikasi e-Monev untuk melakukan evaluasi terhadap Renja dan Renstra perangkat daerah.

Sejak adanya aplikasi e-Monev ini, perangkat daerah tentunya sangat terbantu dalam mengurangi kesalahan proses penyusunan laporan.

Ditambahkan Firdaus, Kabupaten Bengkalis akan menyusun RPJMD 2021-2026 dan perangkat daerah akan nenyusun Renstra 2021 -2026. Laporan hasil pengendalian dan evaluasi Renstra perangkat daerah nantinya akan menjadi bahan evaluasi RPJMD kabupaten.

“Aplikasi e-Monev tahun ini telah menambah fitur baru yakni evaluasi RPJMD dan Renstra untuk membantu bapak ibu semua. Kami memaklumi sekarang ini kasubag program saat ini sangat sibuk dengan regulasi yang terus berubah. Namum kita harus tetap fokus dan terus belajar, regulasi terus berubah dan mungkin kedepannya kita satu data se-Indonesia,” jelasnya.

Melalui pertemuan ini Firdaus  berharap peserta dapat lebih memahami cara menggunakan aplikasi yang telah disediakan dengan narasumber tim ahli lansung. “Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan peseta dapat mengikutinnya dengan baik sampai selesai,” tutupnya.

Adapun tim ahli berasal dari PT. Adityarama Daya Cipta (ADC), Agus Sukaryo memaparkan tentang tujuan pengendalian dan evaluasi perencanaan dan pembangunan daerah. Selanjutnya peserta praktik langsung dalam menggunakan aplikasi e-Monev.***


Baca Juga


Tulis Komentar