Jefalinus: Musrenbang Ruang Serap Aspirasi

Jefalinus: Musrenbang Ruang Serap Aspirasi Teks foto: Jefalinus, Kabid Ekonomi Bappeda Kabupaten Bengkalis
BENGKALIS -Penjabat Bupati Bengkalis Syahrial Abdi menyatakan Musrenbang tingkat kecamatan Siak Kecil lakukan merupakan bagian dari tahapan atau proses perencanaan yang diagenda setiap tahunnya.

Musrenbang katanya adalah wadah yang dimanfaatkan sebagai ruang untuk menyerap aspirasi masyarakat paling bawah atau dalam pendekatan perencanaan disebut dengan botton up planning.

"Kami berharap melalui pelaksanaan Musrenbang kali ini akan menghasilkan output berupa kesepakatan bersama terhadap kegiatan skala prioritas yang diangkat dari permasalahan- permasalahan rill yang ada di masyarakat, "ungkapnya dalam pidato yang dibacakan Kabid Ekonomi Bappeda Jefalinus disela kegiatan Musrenbang, Senin (22/2/2021).

Jefalinus menuturkan, Pemerintah desa/kelurahan se-Bengkalis telah selesai menginput usulan kegiatan dalam aplikasi sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD). secara keseluruhan total usulan yang sudah diinput dalam sipd ini sebanyak 4.916 kegiatan. semua usulan yang diajukan akan diproses lebih lanjut melalui tahapan verifikasi oleh mitra Bappeda, Kecamatan, OPD teknis dan persetujuan TAPD.

"Oleh karenanya, Musrenbang yang kita lakukan ini juga menjadi ruang diskusi dalam rangka untuk mendapatkan informasi terhadap usulan yang telah diajukan dalam SIPD, " imbuhnya.

Meskipun Bupati dan Wakil Nuupati terpilih periode 2021-2026 belum dilantik, disebutkan Kabid Ekonomi, berdasarkan surat edaran Menteri Dalam negeri nomor 640/16/sj tanggal 4 Januari 2021 tentang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah pasca pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020, maka untuk efektifitas penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RPKD) tahun 2022 tetap mengacu pada dokumen RPJMD 2005-2025 dengan mempertimbangkan visi, misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih.

"Dengan demikian, pada perencanaan pembangunan tahun 2022, visi, misi dan program bupati dan wakil bupati terpilih menjadi arah kebijakan pembangunan dan pedoman dalam menyusun perencanaan pembangunan tahun 2022 termasuk di kecamatan Siak Kecil ini. kami yakin dan percaya, melalui ruang diskusi ini akan menghasilkan sebuah keputusan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat bukan kepentingan individu atau sekelompok orang.kami juga berharap perumusan dan penetapan program prioritas kecamatan harus benar-benar mampu menjawab permasalahan serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di kecamatan kecamatan Siak Kecil ini, "jelasnya lagi.

Selanjutnya, bagi seluruh Perangkat Daerah ia nmengingatkan untuk mensinergikan usulan desa/kelurahan di kecamatan Siak Kecil menjadi bagian dari rencana kerja perangkat daerah sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

"Dapat kami sampaikan juga, bahwa pada APBD tahun 2021, kecamatan Siak Kecil telah mendapatkan alokasi anggaran sebesar lebih kurang 31.122.082.450,00 milyar rupiah. Alokasi anggaran tersebut diperuntukkan untuk berbagai sektor seperti infrastruktur jalan, perumahan dan pemukiman, pendidikan, kesehatan, pertanian, kependudukan, perdagangan dan perindustrian serta sektor perikanan, "pungkasnya.

Baca Juga


Tulis Komentar