Pemkab Bangun Sejumlah Ruas Jalan Di Siak Kecil Tahun Ini

Pemkab Bangun Sejumlah Ruas Jalan Di Siak Kecil Tahun Ini Teks foto: Musrenbang kecamatan Siak Kecil
BENGKALIS -Pemerintah Kecamatan Siak Kecil menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, Kamis (2/2/2023).

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso membuka secara resmi kegiatan yang menampung aspirasi skala prioritas pembangunan yang berlangsung di ruang serbaguna kantor Camat Siak Kecil tersebut.

Dalam Musrenbang RKPD 2024, infrastruktur jalan penghubung antar desa di sana menjadi perhatian. Hal ini seperti dipaparkan Camat Siak Kecil Syahnan Ady Kusuma.

Menurut Camat, jalan penghubung antar desa menjadi prioritas demi mendukung aktivitas masyarakat dan peningkatan ekonomi masyarakat Siak Kecil.

Dikesempatan tersebut, Syahnan mewakili masyarakat mengungkapkan rasa terimakasih kepada Pemerintahan Kasmarni -Bagus Santoso yang telah mengucurkan anggaran Bermasa sebesar Rp 1 miliar satu desa satu kelurahan.

"Melalui program unggulan Bermasa ini banyak infrastruktur di desa dapat terbangun. Begitu juga dengan kegiatan pemberdayaan. Kami mewakili masyarakat mengucap terimakasih,"ucap Syahnan.

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso berharap kegiatan Musrenbang tidak hanya menjadi rutinitas tahunan, tetapi harus betul-betul membahas program prioritas yang sangat diharapkan dampaknya oleh masyarakat.

"Kita harapkan Kecamatan Siak Kecil juga bagian dari wilayah yang menjadi kluster pengembangan pertanian dan perkebunan," ujar Wabup.

Potensi pertanian di Siak Kecil, menurut Bagus Santoso sangat besar di antara wilayah yang lain, salah satunya penghasil padi. Meski memang saat ini masyarakat banyak beralih ke perkebunan kelapa sawit, namun ia berharap agar wilayah sebagai penghasil padi ini terus berlanjut.

"Segala penunjang akan terus dilakukan disediakan pemerintah dengan bertahap. Tentu harapannya untuk memudahkan masyarakat dalam membangkitkan perekonomian lewat berbagai bidang," katanya.

Sehingga upaya peningkatan infrastruktur masih sangat diprioritaskan. Dan untuk APBD tahun 2023 ini saja Kecamatan Siak Kecil telah mendapatkan alokasi anggaran meliputi urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, sosial serta ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. 

"Pada tahun 2023 ini, kami telah menganggarkan kegiatan strategis yang ada di Kecamatan Siak Kecil antara lain peningkatan jalan poros Sungai Nibung- Sadar Jaya 5 milyar, peningkatan jalan Sadar Jaya menuju Muara Dua 4 milyar, pembangunan 2 unit jembatan ruas Sungai Linau-Bandar Jaya 4 milyar, peningkatan jalan Lubuk Gaung-Tanjung Damai 2 milyar, peningkatan jalan menuju Jembatan Sungai Manggis 2 milyar, peningkatan jalan poros Tanjung Belit menuju Sumber Jaya 2 milyar, peningkatan jalan Sepotong Kanan Lubuk Garam 1 milyar, peningkatan jaringan irigasi Dir. Ksp Sepotong 2 milyar, serta berbagai kegiatan lainnya," Papar Wabup.

Hadir Sekretaris Bappeda Bengkalis Muhammad Firdaus, anggota DPRD Bengkalis Zuhandi, anggota DPRD Febriza Luwu, anggota DPRD Sugianto, Forkopimcam, Kades se kecamatan Siak Kecil, organisasi kepemudaan, tokoh masyarakat dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Administrator dan Pengawas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Baca Juga


Tulis Komentar