Tindak Lanjut Musrenbang, Bappeda Gelar Forum Lintas Perangkat Daerah

Tindak Lanjut Musrenbang, Bappeda Gelar Forum Lintas Perangkat Daerah Teks foto:

BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Perencanaan  Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkalis menggelar Forum Lintas Perangkat Daerah tahun  2023. Pertemuan ini dilakukan menindaklanjuti hasil musrenbang kecamatan, forum konsultasi publik dan forum perangkat daerah dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2024.

Forum Lintas Perangkat Daerah dilaksanakan di ruang pertemuan Zahari Lantai II Bappeda Bengkalis, Senin  (6/3/2023) dan akan berlangsung hingga  Rabu (8/3/2023). Pada pertemuan hari pertama, dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Bengkalis Rinto. Tampak hadir dalam pertemuan tersebut tenaga ahli Bupati yang juga Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bengkalis, Isa Selamat, Suparjo dan Mustafa Kamal. Kemudian anggota DPRD Bengkalis antara lain Arianto, Zamzami, dan Sugianto. Turut hadir juga sejumlah pimpinan Perangkat Daerah antara lain Kepala Dinas Perkimtan Supardi, Kepala Dinas Damkar Alfakhrurrazy, Kepala Badan Litbang Fadhlan Fuad Daulay serta pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemkab Bengkalis serta perwakilan masyarakat lainnya.

Mengawali pertemuan tersebut, Rinto selaku pimpinan rapat memaparkan beberapa isu dan skala prioritas pembangunan tahun 2024, sekaligus memimpin diskusi dan penajaman. Beberapa isu dan skala prioritas pembangunan tahun 2024 yang disampaikan, untuk Kecamatan Bengkalis dan Bantan ada 14 item, antara lain penyelesaian jalan strategis; fasilitasi pemeliharaan jalan provinsi dan normalisasi sungai dalam kewenangan provinsi. Kemudian penataan  drainase di kawasan pemukiman perkotaan sebagai antisipasi banjir; pemeliharan/peningkatan jalana poros desa/kelurahan pada kawasan perkotaan; perkembangan konektivitas Ketam Putih – Dakal; Optimalisasi Ro-Ro 24 jam dan peningkatan retribusi Dinas Perhubungan; serta lanjutan penanganan abrasi banjir.

Untuk kecamatan lainnya juga ada isu dan skala prioritas pembangunan tahun 2024 yang didiskusikan. Kecamatan Bandar Laksamana, Bukit Batu dan Siak Kecil misalnya ada 10 item. Kemudian Kecamatan Rupat dan Rupat Utara ada 8 item, dan Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir serta Talang Muandau ada 12 item.

Dalam kesempatan itu, beberapa Perangkat Daerah pemangku menanggapi isu yang disampaikan dan menyampaikan informasi kegiatan-kegiatan yang disiapkan untuk menyelesaikan isu dimaksud. Anggota dewan yang hadir juga menanggapi informasi kegiatan dari Perangkat Daerah serta memberikan masukan berupa kegiatan yang belum terakomodir oleh Perangkat Daerah sesuai dengan isu dan lokus wilayan yang dibahas.

Peserta lainnya yang hadir juga mendapat kesempatan untuk memberikan masukkan terhadap informasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tugas dan fungsinya masing-masing untuk mendapatkan skala lokus dan prioritas.***


Baca Juga


Tulis Komentar