Forum Lintas Perangkat Daerah Bahas Penguatan Ekonomi Masyarakat

Forum Lintas Perangkat Daerah Bahas Penguatan Ekonomi Masyarakat Teks foto:

BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis memfokuskan isu pada penguatan ekonomi masyarakat saat pertemuan hari kedua Forum Lintas Perangkat Daerah, Selasa (7/3/2023). Pertemuan berlangsung di ruang Zahari Lantai II Bappeda Bengkalis, dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Bengkalis, Rinto.

Pada Forum Lintas Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2024 ini, juga dihadiri oleh tenaga ahli Bupati yang juga Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bengkalis, Isa Selamat, Suparjo dan Mustafa Kamal. Kemudian beberapa Pimpinan Perangkat Daerah yang memiliki program kegiatan pengutan ekonomi masyarakat, seperti Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Tarmizi; Kepala Dinas Koperasi dan UKM Herliawan, Kepala Dinas Perindag Zulfan, Kepala Balitbang Fadlan Fuad Daulay serta pejabat struktural perwakilan dari pimpinan Perangkat  Daerah dan pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Bengkalis.

Mengawali pertemuan tersebut, Kepala Bappeda Bengkalis Rinto memaparkan isu-isu strategis yang terkait dengan penguatan ekonomi masyarakat. Seperti di Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana, meliputi antara lain implementasi pengembangan kluster kawasan pertanian dan perkebunan yang mendukung produksi tanaman pangan (Siak Kecil) dan peternakan (Siak Kecil dan Bandar Laksamana). Kemudian, fasilitasi kebun masyarakat dalam kawasan hutan, penanganan alih fungsi lahan produktif, pengelolaan pembudidaya perikanan, rencana pembangunan kawasan industri dan pelabuhan, dan juga kemitraan dan keterpaduan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui CSR.

Isu strategis di Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Muandau meliputi antara lain optimalisasi fungsi dan peran pasar tradisional mendukung penataan kota Duri dan kluster pengembangan kawasan industri  dan perdagangan. Kemudian, pengembangan usaha ekonomi  produktif berbasis produk lokal serta budi daya perikanan air tawar. Isu lainnya, penanganan alih fungsi lahan produktif masyarakat, peberdayaan kesejahteraan rumah  tangga pertanian yang terintegrasi dengan penaggulangan kemiskinan, penyediaan infrastruktur bidang pertanian dan perikanan yang  mendukung peningkatan hasil produksi. Termasuk juga kemitraan dan keterpaduan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui CSR.

Isu strategis lainnya di kecamatan lain seperti Rupat, Rupat Utara, Bengkalis dan Bantan juga dibahas dalam pertemuan tersebut. Baik Rinto maupun Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bengkalis sepakat perlunya saling koordinasi dan keterpaduan antara Perangkat Daerah dalam melaksanakan program kegiatan.***


Baca Juga


Tulis Komentar