Bupati Harap KLHS RPJPD 2025 – 2045 Berpihak pada Masyarakat

Bupati Harap KLHS RPJPD 2025 – 2045 Berpihak pada Masyarakat Teks foto:

BENGKALIS - Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Johansyah Syafri berharap Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJD) Kabupaten Bengkalis tahun 2025 – 2045 berpihak pada masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati saat membuka secara resmi Rapat Konsultan Publik 1 dan Sosialisasi Penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJD) Kabupaten Bengkalis tahun 2023, Kamis (26/10/23).

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bengkalis, juga dihadiri oleh seluruh tim penyusunan Tenaga Ahli KHLS RPJD dari perangkat daerah serta stakeholder lainnya.

“Melalui forum ini akan diperoleh masukan-masukan yang cerdas dan konstruktif bagi pembangunan Kabupaten Bengkalis ke depan. Sehingga, dari hasil forum ini akan diharapkan mampu melahirkan KLHS RPJPD Kabupaten Bengkalis tahun 2025 - 2045 yang berpihak kepada masyarakat Bengkalis,” ujar Johan.

Dikatakan, Pemerintah Daerah diwajibkan untuk menyusun RPJPD, hal tersebut bertujuan guna menjaga keberlangsungan sumber daya dan menjamin keselamatan, kemampuan, kesejahteraan, mutu hidup generasi masa kini serta generasi masa depan.

Selain itu jelas Johan, adapun KLHS memastikan bahwa prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan telah dimasukkan dalam proses penyusunan RPJPD serta meningkatkan kualitas RPJPD sebagai upaya meminimalkan potensi pengaruh negatif dan risiko pelaksanaan terhadap kondisi lingkungan hidup.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis diwakili oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan, Zulkifli menyampaikan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis bersama dengan Tim Tenaga Ahli dan lainnya telah melaksanakan Penyusunan Drafting KLHS RPJPD Kabupaten Bengkalis.

Oleh sebab itu, proses selanjutnya yang harus laksanakan adalah Konsultasi Publik I dan Sosialisasi Penyusunan KLHS-RPJPD Kabupaten Bengkalis, dalam rangka penjaringan isu Pembangunan, jelasnya.  Selanjutnya, melalui Rapat Konsultasi Publik I dan Sosialisasi Penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Bengkalis ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Kabupaten Bengkalis, mengidentifikasi capaian kinerja/ ITPB di Kabupaten Bengkalis sesuai dengan target nasional.
Sehingga, dengan merumuskan rekomendasi terhadap isu strategis dan tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang belum tercapai serta menyusun skenario pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) berdasarkan isu strategis yang berkembang di Kabupaten Bengkalis

Kegiatan dilanjutkan acara pemaparan materi-materi sekaligus Forum Diskusi Group (FGD) terkait KLHS yang disampaikan oleh tim tenaga Ahli LPPM dari Universitas Riau (UNRI) dihadapan peserta dalam forum tersebut. ***


Baca Juga


Tulis Komentar