Pemkab Bengkalis Gelar Anugerah CSR Award 2023, PT KPI UP II Sei Pakning Terbaik I

Pemkab Bengkalis Gelar Anugerah CSR Award 2023, PT KPI UP II Sei Pakning Terbaik I Teks foto:

BUKIT BATU- Guna mendorong keterlibatan perusahaan dalam mengimplementasikan program Corporate Social Responsbility (CSR) Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar penganugerahan CSR Reward Tahun 2023. 11 perusahaan tampil dengan program-program CSR dengan berbagai kategori. Dari 11 perusahaan tersebut, tim penilai telah menetapkan tiga diantaranya menjadi yang terbaik.

Adapun 11 perusahaan yang tampil dengan sejumlah program CSR, PT Pertamina Hulu Rokan, kategori Peberdayaan dan Pelestarian Ekositem endemic dengan pont view Pemulihan Habitat Gajah. Kemudian, PT Adei Plantation & Industry, kategori Pemberdayaan dan Perlindungan Komunitas Adat Terpencil dalam memenuhi hajat hidupnya dengan point view Pembangunan Sanggar Seni Suku Sakai.
Lalu, PT Bukit Batu Hutani Alam, kategori Pemberdayaan dan penerapan pertanian berkelanjutan dengan point view Pertanian dan Peternakan. Lalu, PT Kilang Pertamina Internasional UP II Sei Pakning, kategori Pengembangan dak akses teknologi dan point view Filagam (Fiter Air Gambut). PT Arara Abadi, kategori Pemberdayaan dan Perlindungan Masyarakat Adat, point view budidaya ikan air tawar.

Kemudian, PT Bank Riau Kepri Syariah, kategori investasi social infratsruktur, point view bantuan social keagamaan. PT Satria Perkasa Agung, kategori pemberdayaan dan perlindungan terhadap kelompok rentan lainnya, point view tanaman kehidupan untuk masyarakat. PT Pertamina Gas, kategori kesehatan, point view program stunting. PT Sekato Pratama Makmur, kategor pemberdayaan masyarakat dan pelibatan stakeholder, point view pembibitan Akasia. PT Marita Makmur Jaya, kategori Investasi social kelembagaan ekonomi, point view bantuan langsung social. Terakhir PT Murini Sam-Sam, kategori pendidikan dan budaya, point view sekolah dan rumah baca.

Seluruh perwakilan perusahaan yang telah mengimplementasikan program CSR-nya menerima piagam penghargaan dari Pemkab Bengkalis,”Penghargaan ini sebagai bentuk dukungan dan motivasi kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Bengkalis, untuk terus berkarya, berinovasi dan berkolaborasi dan mengimplementasikan program CSR-nya,” ujar Kepala Bappeda Kabuaten Bengkalis, Rinto M.Si.

Dari belasan perusahaan yang telah menjalankan program dengan berbagai kategori tersebut, tim penilai terdiri dari sejumlah perguruan tinggi, antara lain Politeknik Bengkalis, STAIN Bengkalis, STIE Syariah Bengkalis Kadin Bengkalis dan LSM, melakukan penilaian. Dari 11 perusahaan tersebut kemudian ditetapkan tiga perusahaan dengan program CSR terbaik.

Terbaik ketiga jatuh kepada PT Bank Riau Kepri Syariah, dengan kategori Investasi, Sosial dan Infrastruktur. Seperti diketahui, banyak program CSR T BRK Syariah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat utamanya pada kategori, Investasi, Sosial dan Infrastrukur.
Terbaik kedua jatuh kepada PT Pertamina Rokan Hulu, kategori Pemebrdayaan dan Pelestarian ekosistem Endemik, dengan program unggulan pemulihan habitat gajah. Sedangkan terbaik pertama jatuh kepada PT Kilang Pertamina Internasional UP II Sei Pakning, kategori pengebangan dan akses atas teknologi. Program Filagam (Filter Air Gambut) ini sangat bermanfaat, terutama bagi masyarakat yang tinggal di lahan gambut. Dengan modal yang tidak terlalu besar namun manfaatnya sangat dirasakan masyarakat.

“Tahniah kepada para pemenang, semoga ini menjadi pemancu, pendorong semangat bagi kawan-kawan perusahaan untuk berbuat dan memberikan yang terbaik lagi bagi masyarakat," ujar Rinto.***
 


Baca Juga


Tulis Komentar