Rumuskan Usulan Kegiatan Lebih Spesifik, Kasmarni Buka Musrenbang Kecamatan Pinggir

Rumuskan Usulan Kegiatan Lebih Spesifik, Kasmarni Buka Musrenbang Kecamatan Pinggir Teks foto:

PINGGIR- Bupati Bengkalis, Kasmarni, Rabu (24/1) membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pinggir. Melalui Musrenbang ini, Kasmarni mengajak untuk merumuskan usulan program dan kegiatan yang lebih spesifik.

Setidaknya ada tiga sektor yang menjadi target prioritas pembangunan daerah pada tahun 2025. Pertama sektor peningkatan kualitas SDM, kedua pembangunan infrastruktur dan ketiga pembangunan perekonomian masyarakat.

"Sesuai dengan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Bengkalis Tahun 2025, yakni memantapkan kualitas sumberdaya manusia, infrastruktur dan perekonomian masyarakat menuju Bengkalis yang bermarwah, maju dan sejahtera”, ujar Kasmarni.

Dikatakan, bahwa sejumlah keberhasilan serta prestasi yang diraih selama lebih kurang tiga tahun kepemimpinannya, tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama kemitraan yang terbangun dengan baik dengan semua pihak terutama DPRD Kabupaten Bengkalis.

"Melalui tugas serta fungsinya, DPRD selalu menjadi teman baik kami dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan. Semoga sinergisitas ini dapat terus berlanjut dan kita tingkatkan, dalam mendorong terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera," jelas Bupati lagi.

Terkait dengan forum musrenbang, bupati kembali mengingatkan seluruh perangkat daerah, untuk merekam dengan baik usulan desa dan kelurahan dari Kecamatan Pinggir ini, agar nantinya dapat menjadi bagian dari Rencana Kerja Perangkat Daerah sesuai dengan tupoksinya masing-masing. 

"Pelajari dan pahami serta pertajamkan rumusan sasaran program dan kegiatan yang disampaikan, dengan tetap mengedepankan azas efektifitas, efesiensi serta kamampuan keuangan daerah," pesan bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Kasmarni juga menyampaikan bahwa pada APBD tahun 2024 ini, Kecamatan Pinggir telah mendapatkan alokasi anggaran yang diperuntukan untuk beberapa kegiatan antara lain; peningkatan Jalan Lingkar Barat Rp 40 Milyar, peningkatan Jalan Gajah Pinggir Rp 9 Milyar, peningkatan Jalan Poros Buluh Apo menuju Sei Meranti (ruas poros Buluh Apo) Rp 4 Milyar, optimalisasi drainase se-Kecamatan Pinggir Rp 4 Milyar, peningkatan Jalan Tenda Biru Dusun 2 Sialang Rimbun Rp 3 Milyar, dan kegiatan-kegiatan lainnya di sektor perumahan dan pemukiman, pendidikan, kesehatan, perkebunan, pertanian, perhubungan, dan sektor lainnya.

"Perlu kami ingatkan juga, bahwa ada beberapa program prioritas daerah, yang terintegrasi dengan program nasional yang harus tetap kita tindak lanjuti, seperti program penghapusan kemiskinan ekstrim, penurunan stunting, peningkatan investasi dan pengendalian inflasi," papar bupati.

Khusus untuk penurunan stunting, ujar Kasmarni, dalam kurun tahun 2021 - 2023, telah berhasil melakukan prevalensi stunting dari 21,9% menjadi 4,4%. 

"Sungguh prestasi yang sangat luar biasa, dan telah menempatkan Kabupaten Bengkalis menjadi daerah dengan angka prevalensi stunting terendah di Provinsi Riau. Untuk itu, kami minta upaya percepatan penurunan stunting ini terus dilakukan dengan membuat beberapa langkah strategis secara masiv, terstruktur, terukur dan terarah, mulai dari perangkat daerah, kecamatan, desa dan kelurahan, serta melibatkan banyak pihak, termasuk masyarakat itu sendiri," pinta Kasmarni.

Begitupun soal kemiskinan ekstrim,  juga menjadi PR besar saat ini. Untuk itu, sinergisitas semua pihak dalam menekan kemiskinan ekstrim, melalui sinkronisasi program dan kegiatan juga harus dilakukan se-efektif dan se-komprehensif mungkin oleh semua pihak.
Terkahir, kepada camat, lurah, kepala desa beserta jajarannya, Kasmarni meminta untuk tetap menjaga netralitas dan integritas pada pemilu 2024 ini, "Tetap jaga soliditas dan kondusifitas di wilayahnya masing-masing. bersama kita perkuat komitmen untuk mewujudkan pemilu yang damai dan berkualitas," harapnya.

Sebelum itu, Camat Pinggir,  Zama Rico Dakanahay menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Kasmarni atas program-program pembangunan yang dialokasikan untuk Kecamatan Pinggir.

Diakui program yang direalisasikan untuk Kecamatan Pinggir sangat besar manfaatnya bagi masyarakat," Salah satu program unggulan itu adalah dana bermasa Rp 1 miliar satu desa, juga program pembangunan infrastruktur si daerah kami," ujar camat.

Hadir dalam acara yang berlangsung di Kantor Camat Pinggir tersebut, Anggota DPRD Bengkalis, Susianto dan Al Azmi, Tim Percepatan Pembangunan Bengkalis, H Mustafa Kamal, para Staf Ahli Bupati, sejumlah Pimpinan Tinggi Pratama, para kepala desa, ketua DPD serta undangan lainnya.***


Baca Juga


Tulis Komentar