Musrenbang Banlak, Pemkab Anggarkan Kegiatan Strategis Miliaran Rupiah

Musrenbang Banlak, Pemkab Anggarkan Kegiatan Strategis Miliaran Rupiah Teks foto:

BANDAR LAKSAMANA – Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada tahun ini telah mengalokasikan anggaran miliaran rupiah untuk kegiatan strategis di Kecamatan Bandar Laksamana. Hal itu disampaikan Bupati Bengkalis saat membuka acara Musrenbang Kecamatan Bandar Laksamana (Banlak), Kamis (25/1/2024).

Bertempat di aula pertemuan Lantai II Kantor Kecamatan Bandar Laksamana, Bupati yang dalam kesempatan itu diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ed Efendi mengatakan, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 Kecamatan Bandar Laksmana telah mendapatkan alokasi anggaran yang akan diperuntukkan meliputi berbagai urusan wajib berkaitan dengan pelayanan dasar, seperti pendidikan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, dan kawasan pemukiman, sosial, pertanian, perkebunan dan sektor lainnya.

Dalam tahun ini juga telah dianggarkan beberapa pembangunan kegiatan strategis di Kecamatan Bandar Laksamana meliputi antara lain, seperti pembangunan pengamanan pantai Jalan Jenderal Sudirman RT 04/RW 02 Dusun Sejati Desa Sepahat sebesar Rp2,7 M Rupiah.
Selanjutnya, penyediaan prasarana sarana utilitas umum perumahan dan pemukiman sebesar Rp5,7 M, peningkatan jalan protokol Rp1,5 M, pembangunan rumah Suluk Babul Ikhsan Desa Api-api sebesar Rp1,5 M dan masih banyak kegiatan-kegiatan lainnya.


Dalam kesempatan itu, Ed Efendi juga mengatakan, arah kebijakan pembangunan tahunan Kabupaten Bengkalis Tahun 2025, yakni memantapkan kualitas sumber daya manusia, infrastuktur dan perekonomian masyarakat menuju Bengkalis yang bermarwah, maju dan sejahtera. Dengan tema perencanaan tersebut, hendaknya dijadikan sebagai penguatan di tahun transisi perencanaan 2025 ke tahun perencanaan selanjutnya, sehingga prioritas pembangunan kedepannya adalah memantapkan kualitas SDM, memantapkan Infrastruktur dan memantapkan perekonomian masyarakat.

Terkait dengan pelaksanaan Musrenbang, Bupati mengingatkan, hasil dari pembahasan dan kesepakatan musrenbang kecamatan ini akan digunakan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta memastikan usulan program prioritas kecamatan terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah.

“Untuk Pemerintah desa, kami mengimbau agar catatan yang sudah disampaikan oleh Perangkat Daerah dalam menjawab usulan bapak ibu semua agar benar-benar diperhatikan, khususnya terkait usulan infrastruktur," ujar Bupati.

Sebelumnya, Camat Bandar Laksamana Ade Suwirman menyampaikan beberapa isu pembangunan yang ada di Kecamatan Bandar Laksamana, antara lain masih tingginya peristiwa karhutla, penanganan banjir, abrasi pantai dan infrastruktur jalan dari Desa tenggayun hingga ke Desa Parit Satu Api-api serta pengembangan pariwisata dan pelayanan dasar publik.***
 


Baca Juga


Tulis Komentar