Bupati Tegaskan, Forum Musrenbang bukan Sekedar Seremonial

Bupati Tegaskan, Forum Musrenbang bukan Sekedar Seremonial Teks foto:

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Kasmarni mengatakan bahwa forum musrenbang kecamatan 2024 merupakan bagian dari proses perencanaan pembangunan yang disusun untuk tahun 2025 mendatang. Ia menegaskan, forum musrenbang ini hendaknya jangan dipersepsikan sebagai acara seremonial belaka.

"Karena melalui forum ini seluruh pemangku kepentingan akan membahas dan menyepakati setiap kegiatan yang diusulkan oleh desa dan kelurahan, dan kami yakin, melalui forum ini nantinya, kita dapat menghasilkan sebuah keputusan serta perumusan maupun penetapan program prioritas kecamatan yang benar - benar mampu menjawab permasalahan serta mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di kecamatan ini,” ujar Bupati.

Hal itu disampaikan Bupati diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ed Efendi, saat acara Musrenbang Kecamatan Rupat, bertampat di ruang rapat Lantai I Kantor Camat Rupat, Sabtu (27/1/2024).

Dikatakan, sesuai dengan arah kebijakan pembangunan tahunan Kabupaten Bengkalis tahun 2025, yakni “Memantapkan kualitas sumberdaya manusia, infrastruktur dan perekonomian masyarakat menuju Bengkalis yang bermarwah, maju dan sejahtera”, tentunya sejalan dengan tema perencanaan tersebut, sebagai penguatan di tahun transisi perencanaan 2025 ke tahun perencanan selanjutnya, prioritas pembangunan Kabupaten Bengkalis kedepannya adalah memantapkan kualitas SDM, memantapkan infrastruktur dan memantapkan perekonomian masyarakat.

“Untuk itu kami berharap, melalui forum ini, mari bersama kita merumuskan usulan program dan kegiatan yang lebih spesifik pada sektor peningkatan kualitas SDM, pembangunan infrastruktur dan pembangunan perekonomian masyarakat, agar manifestasi kemajuan dan kesejahteraan dapat kita wujudkan,” ujarnya.

Untuk itu, kembali Bupati menegaskan, kepada seluruh perangkat daerah, kiranya dapat merekam dengan baik usulan desa dan kelurahan di Kecamatan Rupat ini, agar nantinya dapat menjadi bagian dari fokus rencana kerja perangkat daerah sesuai dengan tupoksinya masing-masing. 

“Pelajari dan pahami serta pertajamkan rumusan sasaran program dan kegiatan yang disampaikan, dengan tetap mengedepankan azas efektifitas, efesiensi serta kemampuan keuangan daerah,” harap Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan, pada APBD tahun 2024 ini, Kecamatan Rupat telah mendapatkan alokasi anggaran untuk kegiatan antar lain peningkatan Jalan Tanjung Kapal - Darul Aman Rp4 miliar, peningkatan Jalan Pangkalan Nyirih-Pantai Ketapang Rp2 miliar, pembangunan jembatan ruas Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih Rp9 miliar, pembangunan jembatan ruas Jalan Batu Panjang-Tanjung Kapal (Parit Jalan Utama) Rp2 miliar,  maupun kegiatan-kegiatan lainnya pada sektor perumahan dan pemukiman, pendidikan, pertanian, perhubungan, sosial, perdagangan dan sektor lainnya.

“Terkait penyegeraan operasional RSUD Pratama Rupat, untuk tahun ini akan dilakukan beberapa penyelesaian dan finishing, termasuk tambahan prasarana rumah dinas bagi dokter dan tenaga kesehatan, agar saat beroperas nantinya sudah benar-benar efektif dalam melayani masyarakat di Pulau Rupat ini,” kata Bupati lagi.

Seperti pada Musrenbang sebelumnya, Bupati kembali mengingatkan ada beberapa program prioritas daerah, yang terintegrasi dengan program nasional yang harus tetap ditindaklanjuti, seperti program penghapusan kemiskinan ekstrim, penurunan stunting, peningkatan investasi dan pengendalian inflasi.

Hadir dalam acara tersebut Camat Rupat Hariadi, Kepala Bappeda Bengkalis diwakili Kabid Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Wan Zulkarnanda dan undangan lainnya***


Baca Juga


Tulis Komentar