Musrenbang Kecamatan Siak Kecil, Bupati Kembali Ingatkan Kepala PD Pelajari Aspirasi Masyarakat

Musrenbang Kecamatan Siak Kecil, Bupati Kembali Ingatkan Kepala PD Pelajari Aspirasi Masyarakat Teks foto:

SIAK KECIL – Bupati Bengkalis Kasmarni kembali mengingatkan kepala perangkat daerah (PD), agar memperhatikan aspirasi yang disampaikan oleh peserta musrenbang. Dicatat dan dipelajari, untuk selanjutnya disinergikan agar menjadi bagian dari rencana kerja perangkat daerah sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

“Namun tetap mengedepankan azas efektifitas, efesiensi serta pertimbangan kemampuan keuangan daerah,” ujar Bupati saat membuka musrenbang tingkat Kecamatan Siak Kecil, bertempat di aula pertemuan Kantor Camat Siak Kecil, Jumat (2/2/2024).

Diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik ED Effendi, Bupati optimis, melalui forum musrenbang, dapat menghasilkan sebuah kesepakatan bersama usulan skala prioritas desa, yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. “Serta perumusan dan penetapan program prioritas kecamatan, yang hendaknya benar-benar mampu menjawab setiap permasalahan serta mendorong upaya pengembangan potensi yang ada dikecamatan ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan, pada APBD tahun 2024 Kecamatan Siak Kecil telah mendapatkan alokasi anggaran meliputi urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, sosial, perkebunan serta sektor lainnya. 

“Untuk kegiatan strategis di Kecamatan Siak Kecil, kami telah menganggarkan kegiatan, peningkatan Jalan Sadar Jaya menuju Muara Dua (Ruas Sadar Jaya – Bandar Jaya) sebesar Rp5 m, peningkatan Jalan  Kantor  Desa menuju  Jalan  Bob  Desa Sumber Jaya sebesar Rp300 juta, pembangunan oprit Jembatan Sungai Buluh Desa Muara Dua sebesar Rp700 juta, penambahan ruangan UPT Puskesmas Lubuk Muda sebesar Rp450 juta dan masih banyak kegiatan-kegiatan lainnya,” papar Bupati.

Sementara itu, Kepala Bappeda Bengkalis diwakili oleh Kepala Bidang Perekonomian dan Sumberdaya Alam, Wan Zulkarnanda kembali mengingatkan tentang arah kebijakan pembangunan Kabupaten Bengkalis tahun 2025, yakni “Memantapkan Kualitas Sumberdaya Manusia, Infrastruktur dan Perekonomian Masyarakat Menuju Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera”, 

Wan Zulkarnanda mengatakan, sebagai penguatan di tahun transisi perencanaan 2025 ke tahun perencanan selanjutnya ini, yang menjadi prioritas pembangunan adalah memantapkan kualitas SDM, memantapkan infrastruktur dan memantapkan perekonomian masyarakat. “Untuk itu kami berharap, melalui forum ini, mari bersama kita merumuskan usulan program dan kegiatan yang lebih spesifik sesuai arah kebijakan pembangunan tersebut, agar kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dapat kita wujudkan,” harapnya.

Sebelum itu, Camat  Siak Kecil Syahnan Ady Kusuma menyampaikan tentang perlunya optimalisasi BUMD yang ada di desa-desa se-Kecamatan Siak Kecil. Saat ini, kondisi BUMD belum sepenuhnya mampu membangkitkan perekonomian masyarakat di desa. Sementara anggaran yang ada di desa mencapai miliaran rupiah. Dirinya berharap kepada pimpinan Perangkat Daerah terkait agar ikut membantu memperhatikan BUMD tersebut.*** 
 


Baca Juga


Tulis Komentar