Hari Kedua Forum Lintas Perangkat Daerah, Bahas SDM Tata Kelola dan Pelayanan Publik

Hari Kedua Forum Lintas Perangkat Daerah, Bahas SDM Tata Kelola dan Pelayanan Publik Teks foto:

BENGKALIS - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis, kembali melanjutkan agenda Forum Lintas Perangkat Daerah. Kegiatan berlangsung Rabu (28/2) menghadirkan 7 perangkat daerah dan membahas tentang sumber daya manusia, tata kelola dan pelayanan publik.

Adapun ketujuh instansi tersebut adalah, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kependudukan dan KB, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah. Sementara isu-isu yang diketengahkan untuk dibahas bersama terkait dengan, Fungsional peran dan tugas Dewan Pendidikan dalam mendukung pengembangan Pendidikan Menengah, Luar Biasa, Pendidikan Tinggi Kabupaten Bengkalis dan jejaring Pendidikan Vokasi.

Diakui Sekretaris Bappeda, H Syahruddin yang memimpin kegiatan tersebut, bahwa selama ini seperti ada gap pendidikan dimaksud dengan kewenangan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Karena pada level pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi tidak lagi menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten.

“Maka itu kami memandang, keberadaan Dewan Pendidikan ini sangat urgen untuk segera kita bentuk dan wujudkan. Sejak beberapa tahun terakhir kami (Bappeda) komit dan konsisten menyampaikan hal ini dan sejauh yang kami ketahui bahwa seleksi untuk Dewan Pendidikan sudah dilakukan pada tahun 2023 lalu, dan sejauh mana tahapannya perlu kita bahas bersama saat ini,” ujar Syahruddin.

Isu lain yang dibahas berkaitan dengan Dinas Pendidikan, adalah tentang peningkatan angka rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah melalui peningkatan angka kelulusan, pengurangan angka putus sekolah (pemberian beasiswa) dan peningkatan jumlah peserta pendidikan paket. Lalu, peningkatan angka partisipasi murni/kasar jenjang pendidikan menengah pertama dan atas. Termasuk, distribusi dan pemerataan kompetensi guru di semua jenjang.

Terkait dengan layanan publik di bidan kesehatan, ada beberapa isu yang dibahas, seperti cakupan JKN 100 persen, fungsionalisasi RS Pratama di Pulau Rupat, kesiapan RS Pratama Bukit Batu menyangkut lahan, kajian dan Amdal. Mitigasi dan kesiapan wabah pandemic, optimalisasi BLUD Puskesmas serta penguatan peran dan fungsi posyandu sebagai garda terdepan pusat kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis, Rinto M.Si kembali mengingatkan bahwa Forum Lintas Perangkat Daerah ini pda intinya adalah forum saling menguatkan, mempaduserasikan usulan Perangkat Daerah satu dengan Perangkat Daerah lainnya. ”Forum ini bagian dari penguatan program usulan masing-masing perangkat daerah. Pada intinya usulan yang kita sampaikan tidak bisa berdiri sendiri, berkait kelindan dengan perangkat daerah lainnya,” tutup Rinto.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri dan Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H Bustami HY, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Ed Efendi, Kadis Kesehatan Ermanto M.Kes, Kepala Blitbang Daulay, Kadis PPPA, Emilda, Kadis Dalduk dan KB, H Hambali, Kabag Ortal, Tim Percepatan Pembangunan, Suparjo dan Mustafa Kamal, serta sejumlah pejabat lainnya. *
 


Baca Juga


Tulis Komentar