Bappeda Gelar Rapat Persiapan EPSS 2024

Bappeda Gelar Rapat Persiapan EPSS 2024 Teks foto:

BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar rapat persiapan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS). Rapat digelar di ruang rapat lantai I, Senin (4/3/2024)

Rapat dipimpin oleh Kepala Bappeda Bengkalis Rinto, diwakili Sekretaris Bappeda Syahrudin. Turut hadir Kepala BPS Kabupaten Bengkalis Hari Prasetyo, Kepala Diskominfotik Bengkalis Suwarto diwakili Kabid Statistik dan Persandian Azmar, Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Andrius, Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Rahmah Wati Putri, serta pejabat struktural maupun fungsional serta tenaga operator sejumlah Perangkat Daerah.

Terkait dengan EPSS, Kepala BPS Kabupaten Bengkalis Hari Prasetyo dalam pemaparannya mengatakan, Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) merupakan suatu proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan Statistik Sektoral. Hasil dari EPSS adalah nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yang menggambarkan tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral di Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah.    

Dalam pemaparan tersebut, pada tahun 2023, IPS Kabupaten Bengkalis berada pada angka 1,27 dengan prediket “kurang”. Nilai ini diperoleh dari rata-rata penilaian 5 indeks domain yaitu Domain Prinsip SDI, Domain Kualitas Data, Domain Proses Bisnis Statistik, Domain Kelembagaan dan Domain Statistik Nasional.

Dalam rapat tersebut juga disampaikan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk EPSS 2024 melalui proses identifikasi kesiapan instansi OPD yang terdiri dari dua blok. Blok I mencakup identitas instansi dan kegiatan, Blok II kelengkapan syarat penilaian EPSS. Blok I berisi pertanyaan mengenai identitas Instansi penyelenggara kegiatan, serta kegiatan yang akan dinilai dalam EPSS. Sedangkan Blok II berisi pertanyaan mengenai ketersediaan syarat-syarat yang dimiliki oleh kegiatan, mulai dari SOP kegiatan hingga dokumentasi rapat (undangan, notulen, daftar hadir dan foto) mencakup 5 Domain, 19 Aspek dan 38 Indikator penilaian dalam EPSS.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Bengkalis Syahrudin mengatakan, terkait dengan EPSS 2024 ini, perlu segera dilakukan proses seleksi, Perangkat Daerah (PD) mana yang akan diikutkan dalam proses penilaian. “Intinya adalah, PD tersebut harus mampu meningkatan IPS Kabupaten Bengkalis, kalau sebelumnya 1,27 maka harus meningkat di atas dua,” kata Syahrudin.

Untuk itu, masih menurut Syahrudin, melalu proses seleksi ini, perlu dipilih Perangkat Daerah yang benar-benar siap serta memiliki kegiatan yang berdampak luas. Kemudian dirinya berharap, melalui EPSS ini juga agar menjadi pembajaran bagi semua PD untuk mempersiapkan data kegiatan sebaik mungkin.***

 


Baca Juga


Tulis Komentar