Bengkalis Gelar Musrenbang CSR Pertama di Riau

Bengkalis Gelar Musrenbang CSR Pertama di Riau Teks foto: Penjabat Bupati Bengkalis Syahrial Abdi menyerahkan sertifikat keanggotaan CSR
BENGKALIS -Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Forum Tanggung Jawab Sosial Perubahan atau lebih dikenal dengan Corporate Sosial Responsibility (CSR), Senin (14/12/2020) di hotel Surya Kota Duri, Bengkalis.

Musrenbang CSR ini merupakan pertama di Riau. Musrenbang bertujuan merumus kebijakan arah pembangunan dari sumber dana CSR.

Penjabat Bupati Bengkalis Syahrial Abdi memberikan apresiasi tinggi terselenggaranya Musrenbang tersebut. Momentum itu adalah momentum penting untuk kemajuan pembangunan daerah.

"Mengawali sambutan ini kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pengurus dan seluruh anggota Forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TJSP) kabupaten Bengkalis yang telah menginisiasi agenda yang sangat penting ini, bahkan Musrenbang forum CSR ini merupakan pertama dan satu-satunya di Provinsi Riau,"ungkapnya.

Menurut Penjabat Bupati, apa yang lakukan hari ini adalah momentum untuk bersinergi dan berkolaborasi demi pembangunan kabupaten Bengkalis yang semakin maju kedepannya.

Kemudian terangnya, forum CSR kabupaten Bengkalis sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru, forum ini pernah dibentuk pada tahun 2011 lalu, saat itu beranggota perusahaan aktif sebanyak 16 perusahaan besar. Banyak agenda yang telah dilakukan, banyak program yang telah dilaksanakan, namun seiring dengan perubahan regulasi daerah terutama berkaitan dengan urusan dan kewenangan serta hal-hal lainnya menyebabkan forum csr hanya aktif sampai tahun 2014.

"Lalu sejak tahun 2015 hingga tahun 2019 mengalami kevakuman. Alhamdulillah berkat dukungan DPRD kabupaten Bengkalis lahirlah Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Tanggungjawab Sosial Perusahaan di kabupaten Bengkalis yang sejak awal memang diinisiasi langsung oleh DPRD kabupaten Bengkalis, "ucap Syahrial Abdi.

Langkah dan semangat dari legislatif membuat tekad Pemerintah Bengkalis semakin menguat. Bahkan, tegas Syahrial, Pemerintah menjadikan forum TJSP sebagai media komunikasi dan kolaborasi pembangunan antar pihak.

"Melihat besarnya komitmen tersebut, kami dari pemerintah daerah juga bertekad untuk menjadikan forum TJSP ini sebagai media komunikasi dan silaturahmi sekaligus kolaborasi pembangunan antar pihak. Akhirnya dengan dukungan berbagai pihak pada tanggal 6 Juli 2020 lalu forum TJSP kabupaten bengkalis secara resmi diaktifkan kembali. Harapan kita tentu forum ini dapat terus memberikan kontribusi dalam mengakselerasi pembangunan daerah agar apa yang dicita-citakan masyarakat dapat terwujud secara baik, cepat dan tepat,"pungkasnya.

Hadir dalam Musrenbang Sekretaris Daerah Bengkalis Bustami HY, Kaban Bappeda Hadi Prasetyo, Sekretaris Bappeda Rinto, Kepala Bapenda Supardi, Kepala DPMPTSP Basuki Rahmad dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Bengkalis.

Kemudian tampak hadir anggota DPRD, diantaranya Sanusi, Rubi Handoko, Nanang Harianto dan H. Adri. Selanjutnya, pihak-pihak perusahaan yang tergabung dalam TJSP.

Baca Juga


Tulis Komentar