Persiapan Penyusunan RAD SDGs, Bappeda Gelar Pertemuan dengan 16 OPD

Persiapan Penyusunan RAD SDGs, Bappeda Gelar Pertemuan dengan 16 OPD Teks foto: Pembekalan Penyusunan Rencana Aksi Daerah Sustainable Development Goals di Kantor Bappeda Bengkalis, Selasa (8/11/2017)..

BENGKALIS – Sebanyak 16 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendapatkan pembekalan tentang penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber dari Pemerintah Provinsi Riau.

Kedua narasumber adalah Wakil Ketua Sekretariat SDGs Provinsi Riau, Tuti Rahmawati SP MKM MMedSc dan Fungsional Perencana Muda Bappeda Provinsi Riau, Hasan Winarso. Kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya di Pekanbaru ini, diadakan di aula rapat Bappeda Bengkalis selaku Tim Sekretariat SDGs, Rabu (8/11/2017).

SDGs merupakan Komitmen lanjutan dari tujuan pembangungan yang telah berakhir di tahun 2015 lalu, yang lebih dikenal dengan Program Millennium Development Goals (MDGs). Tujuan utama dari SDGs ini adalah memberantas kemiskinan, kelaparan, mengurangi ketimpangan, serta menciptakan ekonomi yang berkelanjutan dengan adil untuk masyarakat

Tuti Rahmawati mengungkapkan, SDGs menegaskan kepada pentingnya upaya mengakhiri kemiskinan agar dilakukan bersama dengan upaya strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menerapkan langkah kebijakan sosial untuk memenuhi aneka kebutuhan sosial seperti pendidikan, kesehatan, proteksi sosial, kesempatan kerja, dan langkah kebijakan untuk mengatasi perubahan iklim dan proteksi lingkungan.

Dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui OPD yang terkait langsung dengan capaian goal SDGs memberikan perhatian yang besar terhadap SDGs dengan melibatkan berbagai pihak sesuai dengan peran dan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dalam rangka mencapai seluruh tujuan SDGs yang terdiri dari Pilar Pembangunan Sosial, Ekonomi, Lingkungan, dan Pilar Hukum dan Tata Kelola

Dalam pertemuan tersebut, selain dibagikan buku tentang pedoman RAD SDGs Provinsi Riau, juga dipaparkan tentang capaian indikator masing-masing pilar pembangunan Provinsi Riau, baik Sosial, Ekonomi, Lingkungan, Hukum dan Tata Kelola.

Diharapkan, dengan adanya pertemuan ini, terbangun kesepahaman bersama terhadap seluruh sektor pembangunan antara antara pemerintah Provinsi dengan pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Bengkalis, dalam hal pembangunan berkelanjutan yang ada di dalam SDGs.***


Baca Juga


Tulis Komentar