Bappeda Gelar FGD Penyusunan Dokumen RPKPPP dan RPI2JM

Bappeda Gelar FGD Penyusunan Dokumen RPKPPP dan RPI2JM Teks foto: Forum Group Discussion yang ditaja Bappeda Bengkalis, Senin (31/8/2015).

BENGKALIS – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkalis bekerja sama dengan Universitas Riau menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) atau diskusi terbatas terkait dengan rencana penyusunan dua kegiatan, yaitu RPKPPP dan RPI2JM. Kegiatan dibuka secara resmi Sekretaris Bappeda, H Imam Hakim, Senin (31/8).

RPKPPP merupakan kepanjangan dari  rencana pengembangan kawasan pemukiman prioritas perkotaan. Sementara RPI2JM merupakan rencana program investasi infrastruktur jangka menengah. Hadir dalam pertemuan itu, utusan dari sejumlah SKPD terkait seperti Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Tata Kota Tata Ruang dan Pemukiman, Badan Lingkungan Hidup,  Dinas Pasar dan Kebersihan serta PDAM Bengkalis. Kegiatan FGD untuk RPKPPP dan RPI2JM itu sendiri merupakan dari kerja tim Universitas Riau untuk memulai kegiatan penyusunan RPKPPP dan RPI2JM.

Sekretaris Bappeda, H Imam Hakim mengatakan, substansi dari FGD adalah untuk mendapatkan masukan dari berbagai komponen guna perumusan kebijakan dan program prioritas dalam penyusunan RPKPPP dan RPI2JM. Harapannya, melalui FGD ini akan disepakati beberapa kerangka prioritas dan ruang lingkup pekerjaan sehingga mempermudah tim ahli nantinya dalam mengumpulkan dan menganalisa data serta menyiapkan dokumen RPKPPP dan RPI2JM.

“Masukan-masukan dari SKPD terkait sangat penting bagi tim ahli karena SKPD yang lebih mengetahui program dan kebijakan yang telah dilaksanakan selama ini serta mengetahui kondisi lapangan,” ujarnya.

Imam Hakim mengatakan, RPKPPP dan RPI2JM merupakan penjabaran dari SPPIP (Strategi Pembangunan Permukiman dan Infrastruktur Perkotaan) dimana pada tahun 2013 lalu telah ditetapkan status dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis. Penjabaran itu tetap mengacu kepada arah pengembangan kota untuk bidang pemukiman dan infrastruktur permukiman perkotaan.

Adapun SKPD yang hadir antara lain Badan Lingkungan Hidup, Dinas Tata Kota dan Pemukiman, Dinas Pekerjaan Umum dan Bappeda selaku tuan rumah. ***


Baca Juga


Tulis Komentar