Musrenbang di 11 Kecamatan Tuntas Dilaksanakan

Musrenbang di 11 Kecamatan Tuntas Dilaksanakan Teks foto: Musrenbang Kecamatan Bengkalis yang dilaksanakan di Kantor Camat Bengkalis, Kamis (8/2/2017).

BENGKALIS–Musyawarah Rencana Pembangunan di 11 kecamatan yang berlangsung sejak 1 Februari 2018 telah tuntas dilaksanakan. Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bandar Laksamana merupakan 2 kecamatan terakhir  yang menggelar Musrenbang, Kamis (8/2/2018).

“Musrenbang di 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis telah kita laksanakan sejak tanggal 1 Februari 2018 lalu. Hari ini merupakan hari terakhir,” ujar Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi, Rinto.

Dikatakan, ada dua kecamatan yang melaksanakan musrenbang pada hari terakhir yakni Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bandar Laksamana. Musrenbang diikuti anggota DPRD daerah pemilihan masing-masing, Perangkat Daerah se-Kabupaten Bengkalis, Kelurahan dan Desa serta tokoh masyarakat dari masing-masing kecamatan.

Rinto mengatakan, berdasarkan hasil Musrenbang pada beberapa kecamatan, usulan masyarakat masih dominan disektor infrastruktur, kemudian pendidikan, kesehatan dan terakhir perekonomian secara umum. Ini terlihat dari rekapitulasi usulan dan hasil pembahasan yang dilakukan saat Musrenbang.

“Kita tentu mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang kecamatan ini sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan. Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tatacara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah dan Tatacara Evaluasi Ranperda RPJPD dan RPJMD serta Tatacara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan bagian dari proses dan tahapan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang saat ini masih sedang disusun dan rumuskan oleh Bappeda Kabupaten Bengkalis,” papar Rinto seraya megnatakan hasil Musrenbang kecamatan ini akan menjadi masukan dalam pelaksanaan Musrenbang di tingkat kabupaten.***


Baca Juga


Tulis Komentar